Selasa, 12 September 2017 23:39 WITA

Perkenalkan, Ini Baso-Besse, Maskot HUT Sulsel Ke-348

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
Perkenalkan, Ini Baso-Besse, Maskot HUT Sulsel Ke-348

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-348, sudah diperkenalkan Baso dan Besse. Baso dan Besse, adalah maskot HUT Sulsel.

Baso digambarkan sebagai lelaki Sulsel yang mengenakan baju khas berwarna merah, lengkap dengan songkok Recca khas Bone. Baso berdiri sembari tersenyum dan membelakangi Besse yang juga mengenakan baju Bodo warna merah darah.

Baso dan Besse sendiri mewakili masyarakat Sulsel, yang secara gender cocok dan tidak ada kasta sebagai bangsawan atau masyarakat biasa. Selain itu, juga tetap menjadi bagian perekat setiap tahun dan hanya merubah beberapa model. 

Ketua panitia HUT Sulsel, Irman Yasin Limpo memilih baso besse sebagai maskot di HUT Sulsel, karena Baso dan Besse mulai dilupakan di kalangan masyarakat Sulsel. Namun, sebenarnya Baso dan Besse adalah ikon untuk Sulsel. 

Loading...

"Kita akan mencoba membangkitkan kembali Baso dan Besse di Sulsel. Kalau tidak bisa menjadi ikon, paling tidak menjadi simbolik," katanya. 
 
Katanya, jika di Jakarta atau Betawi dikenal Ondel-ondel, maka di Sulsel tepatnya, Makassar ada juga ikon, yaitu Baso dan Besse. 
"Untuk itu, ia akan membangkitkan kembali ikon Sulsel tersebut. Baso dirancang memakai gelang kura-kura dan cara memegang handphone serta cara berdiri mirip Pak Gubernur," tuturnya. 

"Baso dan Besse sudah menjadi stigma, kalau Baso dan Besse berasal dari Sulsel. Baso dan Besse juga mewakili seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.

Loading...
Loading...