12 September 2017 22:34 WITA

Zugito Jadi Tersangka Kasus Penyewaan Aset Pemprov Sulsel

Editor: Fathul Khair Akmal
Zugito Jadi Tersangka Kasus Penyewaan Aset Pemprov Sulsel
Zulkifli Gani Otto (Foto: Instagram)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Zulkifli Gani Otto (Zugito) menjadi tersangka di Polda Sulsel.

Zugito dijadikan tersangka oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, terkait kasus penyewaan aset milik pemprov, berupa gedung yang terletak di Jalan AP Pettarani No 31. Bangunan tersebut, adalah aset milik pemprov yang dipinjam pakaikan kepada PWI Sulsel.

Ditreskrimsus Polda Sulsel Yudiawan Wibisono menyebut, Zugito ditetapkan tersangka karena melanggar Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 17/2007, tentang pedoman teknis pengelolaan barang milik daerah.

"Pada tahun 2010 sampai 2015, Zugito selaku Ketua PWI Sulsel telah menyewakan aset milik pemprov berupa gedung. Zugito meminjam pakaikan aset pemprov tanpa Izin dari Pemprov selaku pemilik aset tersebut," ungkap Yudiawan, Selasa (12/9/2017). 

Tak hanya meminjam pakaikan aset pemprov tanpa izin, hasil dari penyewaan aset negara itu, juga tidak disetorkan kepada Pemprov Sulsel. Akibat hal tersebut, negara mengalami kerugian sebesar Rp1,6 miliar lebih. Jumlah kerugian negara tersebut, sesuai dengan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

"Uang hasil sewa tidak disetorkan kepada kas daerah Sulsel. Sehingga merugikan negara sebesar Rp1,6 miliar lebih," tambahnya.

Dalam kasus tersebut, oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Zugito dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU No.31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. 

Hingga berita ini diturunkan, Zugito belum bisa dikonfirmasi atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Polda Sulsel.