Selasa, 12 September 2017 22:11 WITA

Turki Akan Beli Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia

Editor: Suriawati
Turki Akan Beli Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia
Sistem pertahanan rudal S-400 (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - Turki telah menandatangani kesepakatan dengan Rusia untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400.

"Penanda tangan telah dilakukan untuk pembelian S-400 dari Rusia. Deposit juga telah dibayarkan sejauh yang saya tahu," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan, dalam komentar yang dipublikasikan di harian Hurriyet, Selasa (12/09).

"(Presiden Rusia) dan saya sendiri menentukan dalam masalah ini," katanya.

Ini adalah pembelian senjata besar pertama Turki dari Moskow, dan menjadi pakta Ankara yang paling signifikan dengan pemasok non-Nato.

Erdogan mengatakan Turki bebas melakukan akuisisi militer berdasarkan kebutuhan pertahanannya.

"Kami membuat keputusan tentang kemandirian kita sendiri, kita diwajibkan untuk melakukan tindakan keamanan untuk mempertahankan negara kita," katanya.

Menurut AFP, Rusia juga mengkonfirmasi kesepakatan tersebut. Penasihat Putin untuk kerja sama militer dan teknis, Vladimir Kozhin mengatakan, "kontrak telah ditandatangani dan sedang dipersiapkan untuk implementasi."

Dia mengatakan bahwa S-400 adalah salah satu sistem yang paling kompleks, terdiri dari berbagai macam bahan teknis.

"Saya hanya bisa menjamin bahwa semua keputusan yang diambil mengenai kontrak ini benar-benar sesuai dengan kepentingan strategis kami," katanya seperti dikutip oleh kantor berita resmi TASS milik negara Rusia.

"Untuk alasan ini, kami sepenuhnya memahami reaksi beberapa negara Barat yang mencoba menekan Turki," tambahnya.

Hubungan Rusia dengan NATO telah mengalami krisis karena aneksasi Crimea dari Ukraina dan mendukung separatis pro-Moskow di Ukraina timur. Turki adalah anggota NATO sejak 1952.