Selasa, 12 September 2017 21:47 WITA

Membanggakan! Kota Makassar Raih Penghargaan Adipura ASEAN

Editor: Adil Patawai Anar
Membanggakan! Kota Makassar Raih Penghargaan Adipura ASEAN

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah sukses meraih piala Adipura tingkat nasional, selama tiga tahun berturut-turut, Kota Makassar kembali menerima penghargaan Adipura ASEAN, Selasa (12/9/2017).

Penghargaan tersebut diserahkan The Minister of Development Hon Dato Seri Setia Awang Haji Bahrin Bin Abdullah, dan diterima secara langsung oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, dalam acara Penghargaan ASEAN Environmently Sustainable Cities (ECS) ke-4, sekaligus upacara dan peluncuran Tahap 5 ASEAN Environment Report, di Serambi Suloh Hall, Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, keberhasilan dalam meraih Adipuara ASEAN ini, tidak lepas dari komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui program Makassar Tidak Rantasa (MTR), LiSA, dan Bank Sampah.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan, Makassar menjadi salah satu dari tiga daerah di Indonesia yang menerima penghargaan dengan kategori kota besar tersebut.

"Kota Makassar menerima Adipura ASEAN dengan indikator tanah terbersih. Sedangkan dua kota lainnya dari Indonesia, yakni Bandung dan Malang, meraih penghargaan indikator udara terbersih. Ada pula Kabupaten Tulungagung," kata Firman pada Rakyatku.com, Selasa (12/9/2017). 

Membanggakan! Kota Makassar Raih Penghargaan Adipura ASEAN

Firman menambahkan, program ini merupakan tindak lanjut ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable City (AWGESC) pada 2003 lalu. Environmentally Sustanable City dimatangkan setelah pertemuan puncak Menteri Lingkungan di Asia Timur (10 negara Asean + Cina-India-Jepang-Korea-Australia-Selandia Baru).

Selain kota-kota dari Indonesia, penghargaan serupa juga diraih oleh sejumlah daerah dari negara lain. Diantaranya dari Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.

Sementara itu, Danny Pomanto menuturkan, penghargaan dunia terhadap Kota Makassar ini, diraih berkat kerja keras seluruh masyarakat bersama Pemkot Makassar, yang senantiasa bersatu menciptakan Makassar dua kali tambah baik.

"Visi pemerintah kini telah menjadi visi rakyat. Sehingga pemerintah tidak lagi berjalan sendiri. Ada rakyat, yang dengan kesadaran penuh mendukung pemerintah dalam mewujudkan program kerja dan menerapkan kebijakan-kebijakannya," kata Danny.

Ia berharap, penghargaan Adipura ASEAN ini, semakin menambah kecintaan terhadap Kota Makassar. Serta dapat meningkatkan semangat masyarakat, untuk terus memajukan Makassar sebagai Kota Dunia.