12 September 2017 15:05 WITA

Perekonomian Meningkat, OKB di Palopo Makin Banyak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Perekonomian Meningkat, OKB di Palopo Makin Banyak

RAKYATKU.COM, PALOPO - Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP), Dr Suaedi mengungkapkan, Beberapa tahun terakhir  perekonomian Kota Palopo terus mengalami peningkatan. Sejumlah sektor usaha tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun.

Halini tentu berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kota Palopo. Ia menyebutkan, Orang Kaya Baru (OKB) pun semakin meningkat di Palopo.

"Dengan tumbuhnya ekonomi kini makin banyak orang kaya baru di Kota Palopo. Indikatornya gampang. Sekarang lihat mobil mewah sudah banyak yang lalu lalang di jalanan," jelasnya, saat menjadi pembicara dalam Seminar Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kota Palopo tahun 2017, di Auditorium Saokotae, Palopo, Selasa (12/9/2017).

Menurutnya, ada tiga sektor yang menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi di kota berjuluk Idaman ini  meningkat tajam. Yakni, sektor pendidikan, kesehatan dan kuliner. Berdasarkan kacamatanya, pendidikan di Kota Palopo saat ini tidak kalah dari daerah lainnya. Sejumlah kampus dibangun untuk menarik minat calon mahasiswa dari daerah lain datang ke Palopo. 

"Banyak mahasiswa berasal dari luar daerah. Orang tuanya mengirimkan uang dan membelanjakannya di Palopo. Itu nilainya sangat besar," katanya.

Sementara di sektor kesehatan, dapat dilihat dari Rumah Sakit di Palopo yang mulai menjadi rujukan. Sehingga pasien tidak lagi berobat ke Makassar. Sebab, rumah sakit di Palopo menyiapkan alat canggih bagi pasien. Mulai dari penyakit ringan hingga yang membutuhkan tenaga ahli medis khusus.

Begitu pula pada sektor kuliner, Kota Palopo memiliki berbagai kuliner khas yang bermutu dengan harga terjangkau. Jadi banyak warga dari daerah lain seperti Masamba, Belopa hingga Toraja ramai-ramai datang ke Palopo guna menikmati jajanan yang ada. 

"Tumbuhnya para pengusaha baru ini ditunjang dengan iklim investasi yang baik. Perijinan dipermudah dan pemerintah menjamin keamanan untuk berusaha," katanya lagi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Palopo, Farid Kasim Judas mengatakan, Palopo memang daerah yang strategis untuk berinvestasi. Karena merupakan epicentrum dari beberapa kabupaten di jazirah Utara Sulsel. 
"Iklim ini terus kita dorong dan didukung oleh semua pihak. Kita komitmen menjadikan Kota Palopo daerah maju dan berkembang," pungkasnya.