Selasa, 12 September 2017 13:54 WITA

Tahun Depan, PLTB Sidrap Siap Dimanfaatkan

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Tahun Depan, PLTB Sidrap Siap Dimanfaatkan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Syamsul Bahri mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dikerjakan PT UPC Sidrap Bayu Energi, mulai beroperasi tahun 2018. 

Proses pembangunan dibagi tiga tahap. "Pembangunan pondasi, pengangkatan beberapa alat dan pengangkatan baling-baling," katanya, Selasa (12/9/2017).

Saat ini, sudah dalam tahap pengangkatan baling-baling. "Akan tetapi setelah selesai diangkat baling-balingnya, belum bisa langsung dimanfaatkan. Nanti awal atau tengah 2018. Sebelumnya kita ujicoba dulu," jelasnya. 

Beberapa waktu lalu Pengembang PLTB, PT UPC Sidrap Bayu Energi, kembali mendatangkan peralatan raksasa berupa rumah turbin Gamesa G114-2,5 MW. Public Relation PT UPC Sidrap Bayu Energi, Yermia mengatakan, komponen utama untuk PLTB yang diklaim terbesar di Indonesia itu diangkut menggunakan Kapal BBC Congo selama 50 hari dari pelabuhan Bilbao, Spanyol.

"Kapal khusus pengangkut muatan berat itu berlayar melewati Timur Tengah, Samudera Hindia, dan Selat Malaka sebelum masuk ke perairan Indonesia dan tiba di Pelabuhan Nusantara,  Parepare," kata Yermia. 

Untuk bisa sampai di pusat proyek PLTB, peralatan ini kembali menggunakan kendaraan truk khusus karena memiliki ukuran cukup besar. "Saat kendaraan pengangkut ini melintas ke lokasi, jalan utama untuk sementara terpaksa ditutup supaya distribusi komponen ini bisa lancar. Karena truk yang mengangkutnya juga cukup panjang dan badannya besar," tutupnya.

Jika semua berjalan sesuai rencana, PLTB ini akan menghasilkan pasokan listrik sebesar 75 Megawatt (MW) atau sekira 7 persen dari persediaan listrik di Sulsel ini.