Senin, 11 September 2017 18:44 WITA

Sukses F8 Makassar, Danny: Kita Torehkan Sejarah

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Sukses F8 Makassar, Danny: Kita Torehkan Sejarah
Danny Pomanto saat pembukaan F8 Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8), resmi ditutup malam tadi, Minggu (10/9/2017). Event yang telah berlangsung selama lima hari (6-10 September 2017) ini merupakan kali ke dua digelar di Kota Anging Mamiri.

Berbulan-bulan panitia mempersiapkan F8 2017. Tekad kuat dan harapan baik penyelenggaraan F8 menjadi semangat penyelenggara. Bekerja 24 jam, bahkan hampir tidak tidur. Demi harga diri 1,7 juta warga Kota Makassae.

“Kita telah menoreh sejarah,” kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Magnet kuat F8 terlihat sejak hari pertama dibuka. Lokasi festival sepanjang 1,2 kilometer di tepi laut banjir pengunjung. Berdasarkan data panitia, lebih satu juta orang datang selama lima hari pelaksanaan F8, yang diisi dengan beragam kegiatan.

Mulai dari atraksi menegangkan pesawat jupiter dan sukhoi, kemeriahan pesta kembang api, hingga pentas budaya, film, fashion, food, Flora Fauna, dan banyak lagi pertunjukan.

Sukses F8 Makassar, Danny: Kita Torehkan SejarahGairah tanpa lelah ditunjukkan penjaga ratusan stand pameran F8.  Memberikan informasi sampai menyiapkan makan minum pengunjung. Petugas kebersihan tidak kalah semangatnya. Membersihkan setiap sampah yang jatuh. 

Petugas parkir menjaga kendaraan dan membuatnya rapi. Dinas Perhubungan menjaga lalu lintas tetap mengalir. Semua bahagia, semua senang. Meski harus kepanasan dan berdesak-desakan.

“Tidak mudah menjaga rasa aman dan kenyamanan ratusan ribu orang. Terima kasih TNI dan Polri, terima kasih warga Makassar,” kata Danny.

Delapan orang kurator berhasil membuat F8 layak disebut festival internasional. Terbukti, 24 perwakilan negara dan 10 duta besar hadir menyaksikan F8. Mereka kagum dan bangga dengan budaya Indonesia.

“Kemampuan berkebudayaan Indonesia diakui dunia. Terima kasih kepada semua yang telah membantu menyukseskan acara ini,” ungkap Danny.

Sukses F8 Makassar, Danny: Kita Torehkan SejarahF8 adalah bukti Makassar mampu menyelenggarakan festival internasional. Banyak lomba dan forum dengan peserta dari negara lain. Ada konferensi kota kreatif internasional (ICCC) 2017 dan forum water. Pertandingan internasional Softball melibatkan tiga negara, enam negara bertanding di kejuaraan Muaythai, dan lomba Jetski empat negara.

Kehadiran puluhan desainer fashion dan artis ternama di panggung F8 membuat Danny menyebut F8 sebagai The Best Water Front in The World. Film-film karya anak Makassar tampil di layar utama F8. “Semua ini akan dikenang. Tahun depan kita bikin lagi dua kali lebih baik," ujarnya.

F8 sendiri telah menjadi kalender nasional oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Bahkan menurut Badan Ekonomi Kreatif RI, F8 adalah salah satu festival yang lengkap dan terbesar di Indonesia.

Bagi Danny, F8 panggung untuk menguji daya saing Makassar. Semakin menguji kesiapan untuk menjadi kota dunia yang terkemuka dan dua kali tambah baik.