Sabtu, 09 September 2017 17:12 WITA

Ayo Belajar Membuat Aquascape di Makassar F8

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Fathul Khair Akmal
Ayo Belajar Membuat Aquascape di Makassar F8

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Makassar International Eight Festival and Forum (F8) Kota Makassar, yang digelar di Anjungan Metro Pantai Losari, tidak hanya menawarkan beragam hiburan. Dalam kegiatan tahunan ini, pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai ilmu baru.

Salah satunya, yaitu pembuatan aquascape. Yakni aquarium yang tidak hanya berfokus pada ikan, tapi lebih kepada tanaman air, kayu, karang, dan benda-benda yang menjadi media tumbuh tanaman, dengan ikan yang hanya menjadi pelengkap.

Untuk dapat belajar membuat aquascape, pengunjung bisa langsung ke area Flora dan Fauna, di Anjungan Toraja Mandar. Tepatnya ditenda Makassar Aquascape Community (MACO). 

“Mari belajar membuat aquascape. Aquascape adalah seni menata tanaman dan benda dalam kotak kaca. Sepintas terlihat mirip aquarium. Bedanya, aquascape tidak hanya untuk memasukkan ikan. Tapi ada tambahan seni dalam menata ruang dalam kotak kaca,” ” kata Udin Roy, anggota MACO kepada pengunjung F8, Sabtu (9/9/2017).

Ayo Belajar Membuat Aquascape di Makassar F8Untuk membuat pemandangan dalam aquarium, lanjut Udin, biasanya dibutuhkan tanaman khusus. Umumnya dibagi ke dalam tiga kelompok. Tanaman untuk pemandangan depan, tengah, dan belakang dengan tema beragam.

loading...

Udin mengatakan, di Makassar, seni aquascape mulai populer sejak tahun 2010. Seni ini berasal dari Jepang. Menurutnya, membuat satu tema Aquascape butuh waktu berminggu-minggu.

"Harga satu aquascape biasanya ditentukan dengan tema dan banyaknya jenis tumbuhan dan hewan yang ada di dalam. Bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah," jelasnya.

Meski tergolong baru, seni aquascape dari Makassar sudah diperhitungkan di dunia internasional. Saat kontes aquascape internasional, salah satu aquascepa Udin yang mengangkat tema Batu Lohe, berhasil berada di peringkat 51 dari seribu peserta seluruh dunia.

Bagi anda yang tertarik mengetahui lebih detil seni ini, tenda MACO akan hadir sampai penutupan F8 di anjungan Pantai Losari.
 

Loading...
Loading...