Jumat, 08 September 2017 20:15 WITA

Di Makassar F8, Pengunjung Bisa Belajar Membatik

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Di Makassar F8, Pengunjung Bisa Belajar Membatik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) yang digelar di Anjungan Metro Pantai Losari, tidak hanya menyajikan aneka ragam hiburan menarik. Seperti fashion show atau musik.

Disisi Anjungan Toraja Mandar, pengunjung juga dapat mengunjungi area fine art, film, fiction writers, and font. Khusus area fine, pengunjung dapat melihat beragam karya yang dipamerkan oleh para seniman lokal Makassar. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membatik secara gratis.

Koordinator Membatik, Dally Mozartdy mengatakan, dalam kegiatan ini, peserta akan diajarkan tentang tata cara membuat batik tulis. Mulai dari dasar-dasar membatik, seperti penggunaan canting hingga pewarnaan.

"Kami juga mengajarkan tentang bagaimana sejarah batik dan motif batik apa saja yang ada di Sulawesi Selatan. Contohnya batik Toraja, yang kabarnya merupakan salah satu batik tertua di Indonesia," kata Mozart, Jumat (7/9/2017).

Sementara itu, Alifia Ika Mauliadia, mahasiswi Universitas Negeri Makassar yang ikut menjadi peserta, mengungkapkan rasa senangnya terhadap kegiatan membatik ini.

loading...

Menurut Ika, kegiatan yang diikuti puluhan peserta yang notabene merupakan anak muda ini, tidak hanya mengajarkan tentang tata cara membuat batik tulis. Tapi juga mendorong masyarakat untuk semakin mencintai karya dan kebudayaan Indonesia.

"Senang sekali. Sudah lama saya ingin belajar membatik, bagaimana cara memakai canting, membuat pola, dan mewarnai kain. Ini kesempatan yang langkah, mengingat pelatihan membatik sangat jarang ditemui di Makassar," pungkasnya.


 

Loading...
Loading...