Jumat, 08 September 2017 13:27 WITA

Hari Kedua, Pengunjung F8 Capai 144.008 Orang

Editor: Fathul Khair Akmal
Hari Kedua, Pengunjung F8 Capai 144.008 Orang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8), berhasil menyedot 144.008 pengunjung di hari kedua.

"Data tersebut kami peroleh dari petugas checker, yang stand by di setiap pintu masuk," terang Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Mohammad Roem, Jumat (8/9/2017). 

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Makassar F8, Andi Bukti Djufri menuturkan, penyelenggara membuka akses ke area festival di Jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan Penghibur.  

Hal ini dilakukan agar keamanan dan kenyamanan pengunjung selama berada di area festival terjamin, akses keluar dan masuk pun disebar di beberapa titik. 

Hari Kedua, Pengunjung F8 Capai 144.008 OrangSebaran akses masuk dan keluar juga ditujukan agar tidak terjadi penumpukan pengunjung di satu titik. Sehingga distribusi pengunjung merata di sepanjang area festival. 

"Metro untuk umum, depan Es Teler 77, dan depan Dekranasda untuk VIP, panitia, peserta, talent dan lain-lain yang punya Id Card (masuk dan keluar). Depan Stella Maris pintu keluar," jelasnya.

Sementara di depan Pualam itu, lanjut Andi Bukti, pintu masuk untuk umum, dan depan Maipa ditutup hanya untuk evakuasi.

Pengunjung tidak diperbolehkan membawa senjata tajam, minuman keras, dan obat-obatan terlarang, masuk ke lokasi penyelenggaraan festival. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan selama acara berlangsung.

Membludaknya jumlah pengunjung pada malam kedua dan malam pembukaan menambah optimis penyelenggara kegiatan jika target satu juta pengunjung dapat tercapai selama lima hari pelaksanaan, 6-10 September 2017. 

Ada 226 both yang dapat dikunjungi selama Makassar F8, 133 both diantaranya tenant kuliner (food), 30 both fashion, 8 delapan both kedutaan negara - negara sahabat, 15 both kota/kabupaten se - Indonesia, 20 both sponsorship, dan 20 both khusus kepanitiaan.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan fashion, fussion music, folk, pemutaran film, fine art, pameran flora dan fauna, fiction writer, serta food and fruit di Somba Opu Stage, Ujung Pandang Stage, dan Anjungan Mandar Stage.