Kamis, 07 September 2017 11:39 WITA

"India Harus Siap Hadapi Perang dengan China dan Pakistan"

Editor: Suriawati
Foto: Reuters

RAKYATKU.COM - Kepala Angkatan Darat India mengatakan, mereka harus siap menghadapi kemungkinan perang dua-sisi, dengan China dan Pakistan.

Jenderal Bipin Rawat merujuk pada kebuntuan 10 minggu terakhir dengan tentara China di Himalaya yang berakhir pekan lalu. Dia mengatakan bahwa situasi tersebut secara bertahap bisa menjadi konflik besar di perbatasan utara India.

Rawat menambahkan bahwa Pakistan di bagian barat juga bisa memanfaatkan situasi seperti itu.

BACA JUGA: China Berharap India Belajar dari Masalah di Himalaya

Hal ini disampaikan Rawat pada hari Rabu (06/09) dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Center for Land Warfare Studies, sebuah thinktank di New Delhi.

Komentarnya muncul sehari setelah perdana menteri India, Narendra Modi, dan presiden China, Xi Jinping, menyetujui pendekatan "melihat ke depan" terhadap hubungan Sino-India. Xi dan Modi bertemu di sela-sela KTT negara-negara berkembang BRICS, yang diadakan di Xiamen.

India berperang melawan China pada tahun 1962 dan tiga perang dengan Pakistan, dua di antaranya menguasai Kashmir, sejak mendapat kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947. Ketiga negara tersebut adalah negara-negara yang memiliki kekuatan nuklir.

Tags