Rabu, 06 September 2017 19:06 WITA

Aksi Spektakuler di Langit Losari Tandai Pembukaan F8 Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
Aksi Spektakuler di Langit Losari Tandai Pembukaan F8 Makassar
Foto: Sartika Marzuki/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) 2017 dibuka secara semarak dengan persembahan demo udara dari Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), Rabu (6/9/2017) sore.

Diawali dengan terjun payung dari sepuluh penerjun, acara F8 yang di gelar di Anjungan Metro Pantai Losari, Rabu (6/9/2017) ini kemudian dilanjutkan dengan aktraksi enam pesawat aerobatik Jupiters, yang berangkat dari Lapangan Udara (Lanud) Hasanuddin.

Atraksi dari para pilot The Jupiters yang mengendarai pesawat berwarna merah putih itupun, sontak membuat suasana anjungan semarak dengan teriakan para pengunjung F8.

"Sebagai salam pembuka dari The Jupiters, enam pesawat akan mendemonstrasikan kekompakan, kesatuan hati, dan kesamaan divisi. Dari arah kanan, keenam pesawat The Jupiters akan melintas pada ketinggian 400 meter dari permukaan tanah dan akan berputar 360 derajat, pada sumbu longitudinal secara simultan," kata Lettu PNB Ahmad Finandika dan Pujo Setyo "grackel" Anggoro, yang bertugas sebagai narator.

Sebagai leader atau Jupiter satu, yaitu Letkol Pnb Kisha "Razor", yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skardon Pendidikan 102 di Lanud Adisucipto, Yogyakarta. 

The Jupiters tampak menghibur pengunjung F8, dengan beberapa manuver. Antara lain jupiter roll, barrel roll, loop and cross over break, stall turn maneuver from the syncro, solo spin, dan manuver spektakuler lainnya.

Setelah penampilan pesawat aerobatik Jupiters, acara F8 kemudian dilanjutkan dengan penampilan tiga pesawat Sukhoi, yang tampil menghibur dengan suara yang menggelegar.

"Pertunjukan yang sangat luar biasa. Kita sangat bersyukur pesawat Jupiters, Sukhoi, dan para penerjun dari TNI AU, hadir menghibur kita di pembukaan F8," ungkap Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat menyaksikan demo udara bersama undangan F8. Antara lain, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.