06 September 2017 13:12 WITA

Darmawangsyah Muin Bakal Menyurati SYL

Editor: Adil Patawai Anar
Darmawangsyah Muin Bakal Menyurati SYL
Darmawangsyah Muin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi D DPRD Sulsel akan menyurat ke Ketua DPRD Sulsel dan Gubernur Sulsel untuk melakukan evaluasi terhadap izin penambangan pasir laut di Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin setelah mendengar pendapat dari instansi, dan pihak terkait, soal penolakan penambangan pasir di Galesong.

"Kita akan surati ketua DPRD dan Gubernur Sulsel untuk segera melakukan evaluasi terhadap izin penambangan pasir laut di Galesong," ujarnya ketika ditemui di DPRD Sulsel, Rabu (6/9/2017).

Menurutnya, secara prosedural izin penambangan pasir laut tersebut memang sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Hanya saja dari hasil konsultasi dengan Kementerian ESDM, bilamana sebuah tambang menimbulkan dampak sosial dan lingkungan, maka Pemprov Sulsel dapat melakukan evaluasi terhadap izin tersebut.

"Bahkan izinnya dapat dicabut. Jika dampaknya terus dirasakan masyarakat maka Kementerian ESDM dapat mengambil alih. Itu hasil konsultasi kami terkait dengan masalah penambangan pasir laut di Galesong tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Wawan, sapaan akrab Darmawangsyah Muin, tidak mungkin ada protes dari masyarakat jika tidak ada dampak yang ditimbulkan.

"Disana itu sudah ada dampak lingkungan dan dampak sosial yang ditimbulkan. Misalnya saja berkurangnya mata pencaharian nelayan kita," tuturnya.

Wawan juga menjelaskan, pihaknya di DPRD Sulsel berupaya menempuh jalan tengah terhadap permasalahan tersebut.

"Kami ingin pembangunan terus berjalan tanpa harus menimbulkan gesekan sosial. Kita membangun untuk menyenangkan masyarakat, bukan untuk menyusahkan mereka," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa unsur dan elemen masyarakat Kabupaten Takalar melakukan aksi penolakan terhadap penambangan pasir laut di Galesong. Mereka menilai aktivitas penambangan tersebut bisa menimbulkan dampak buruk terhadap warga dan lingkungan yang ada di sana.