Rabu, 06 September 2017 08:49 WITA

Groundbreaking Tol Layang Pettarani Digelar di HUT Sulsel

Penulis: Azwar Basir
Editor: Adil Patawai Anar
Groundbreaking Tol Layang Pettarani Digelar di HUT Sulsel
Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu mega proyek yang dibangun di Sulsel sebelum jabatan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) jilid II berakhir, adalah mega proyek tol layang dalam kota. Tol layang dalam kota tersebut dimulai Oktober mendatang dengan peletakan batu pertama bersamaan saat HUT Sulsel. 

"Groundbreaking tol layang Pettarani akan digelar saat HUT Sulsel Oktober mendatang oleh pak Gubernur," ujar Sekprov Abdul Latif, Rabu (6/9/2017). 

Abdul Latif mengatakan, untuk pembangunan tol layang tersebut, Pemkot Makassar dengan Pemprov Sulsel akan terus saling bersinergi untuk mewujudkan tol layang dalam kota tersebut. 

Rencananya tol layang tersebut akan dibangun sepanjang 4,3 kilometer, di atas Jalan Andi Pangeran Pettarani hingga ujung Jalan Sultan Alauddin.

Untuk pembangunan sendiri, hingga saat ini Pemkot Makassar sudah menyiapkan investor yang akan memulai pembangunan. Sementara untuk anggaran dari pusat masih belum jelas apakah akan ada. 

Loading...

Mega proyek yang menelan anggaran sekira Rp2,3 triliun dari dana investasi PT Nusantara Infrastructure.

"Dimulai enam bulan setelah groundbreaking, yang dilaksanakan tepat pada HUT Sulsel. Waktu enam bulan ini akan kita manfaatkan untuk sosialisasi kepada masyarakat, pemindahan jaringan listrik dan kabel bawah tanah. Serta persiapan konstruksi tol layang," kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. 

Danny menambahkan, Pettarani Toll Road akan bersambung dengan Tol Reformasi. Dimana masyarakat dari arah perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa bisa langsung mengakses bandara, melalui jalan tol.

Pembangunan Pettarani Toll Road, rencananya akan menggunakan metode prestige erection segment box girder. Dengan desain dua susun, dan lama pengerjaan sekira dua tahun. 

Loading...
Loading...