06 September 2017 08:49 WITA

Presiden Jokowi Terbang ke Singapura untuk Rayakan RISING50

Editor: Suriawati
Presiden Jokowi Terbang ke Singapura untuk Rayakan RISING50
Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong

RAKYATKU.COM - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Singapura pada hari Rabu dan Kamis untuk Retret Pemimpin Singapura-Indonesia.

Kunjungan Presiden Jokowi bertepatan dengan peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara, yang jatuh pada hari Kamis (07/09).

Perayaan ini dikenal dengan RISING50, penggabungan "RI" untuk Republik Indonesia dan "SING" untuk Singapura.

Sebagai bagian dari perayaan tersebut, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong akan menanam pohon ek di Learning Forest di Singapore Botanic Gardens. Pohon itu merupakan asli Singapura dan Indonesia. Para pemimpin juga akan meluncurkan sebuah buku peringatan RISING50.

Selanjutnya, Kantor Perdana Menteri (PMO) Singapura mengatakan, Lee dan Jokowi akan menyaksikan sebuah flypast bersama oleh Angkatan Udara Republik Singapura dan Angkatan Udara Indonesia, serta sebuah pertunjukan gabungan militer di Marina Bay Cruise Center Singapura.

"Ini menggarisbawahi hubungan kerja sama yang erat dan hubungan pertahanan yang sangat baik, yang telah dibangun kedua militer selama beberapa dekade," kata PMO dalam pernyataannya, seperti dikutip CNA.

Selain itu, PMO mengatakan, selama retret tersebut, para pemimpin akan bertukar pandangan mengenai perkembangan regional dan internasional, mengkaji kemajuan hubungan bilateral dan menjajaki area baru untuk kerjasama di berbagai sektor, termasuk dalam kolaborasi ekonomi, kerja sama keamanan, dan pertukaran budaya.

Para pemimpin juga akan menindaklanjuti diskusi dari retret terakhir mereka, yang diadakan di Semarang pada bulan November 2016, di bidang energi, ekonomi digital, pariwisata dan pelatihan keterampilan. Beberapa memorandum of understanding untuk meningkatkan kolaborasi di bidang ini juga akan ditandatangani.

Jokowi dan Lee juga akan menghadiri Singapore-Indonesia Investment Forum dan bertemu dengan anggota Dewan Bisnis Indonesia-Singapura.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara, serta delegasi tingkat tinggi yang terdiri dari beberapa menteri dan pejabat tingkat menteri.

Delegasi Singapura termasuk Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional dan beberapa menteri kabinet.