05 September 2017 15:39 WITA

30 Bayi Meninggal di India Dalam Kasus Kekurangan Oksigen Ke-2

Editor: Suriawati
30 Bayi Meninggal di India Dalam Kasus Kekurangan Oksigen Ke-2
Baba Raghav Das Medical College Hospital di Gorakhpur, di negara bagian Uttar Pradesh dimana puluhan bayi meninggal pada bulan Agustus (Foto: AP)

RAKYATKU.COM - 30 bayi dilaporkan meninggal karena kekurangan oksigen di sebuah rumah sakit yang dikelola negara di bagian utara India. Ini merupakan kasus kedua dalam waktu satu bulan di mana kekurangan pasokan medis dipersalahkan atas kematian puluhan anak-anak.

Dilansir dari The Guardian, polisi telah memulai penyelidikan di rumah sakit Ram Manohar Lohia, di distrik Farrukhabad pada hari Minggu (03/09).

"Petugas polisi diberitahu oleh ibu bahwa rumah sakit tidak memasukkan pipa oksigen setelah kelahiran, dan obat yang tepat juga tidak diberikan," kata polisi.

Penyelidikan tersebut menunjukkan bahwa 30 dari total 49 anak meninggal karena asfiksia perinatal. Kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya kadar oksigen pada bayi sebelum, selama atau setelah persalinan, sehingga mengurangi kemampuan bernafas mereka dengan bebas.

Kematian tersebut terjadi unit perawatan bayi yang baru lahir antara 21 Juli hingga 20 Agustus.

Namun kepala rumah sakit, Dr Akhilesh Agarwal, membantah jika ada kekurangan oksigen. Ia mengatakan bahwa rumah sakit bahkan menyelamatkan 121 dari 145 bayi yang dirawat dalam kondisi kritis setelah kelahiran mereka di tempat lain.

Anak-anak dirawat di Rumah Sakit Baba Raghav Das pada bulan Agustus

Sebelumnya, sistem kesehatan masyarakat menjadi sorotan setelah lebih dari 60 anak meninggal pada bulan Agustus di sebuah rumah sakit umum di utara Uttar Pradesh. Ada rumor yang berkembang bahwa kematian itu dipicu kurangnya persediaan oksigen, karena tagihan yang belum dibayar.

India menghabiskan sekitar 1% dari PDB untuk kesehatan masyarakat, termasuk di antara yang terendah di dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi telah meningkatkan pengeluaran kesehatan dan berjanji untuk membuat perawatan kesehatan lebih terjangkau.

Tags
India