04 September 2017 21:25 WITA

Dilantik SYL, Suardi Saleh Tak Lama Lagi jadi Bupati Barru Definitif

Editor: Adil Patawai Anar
Dilantik SYL, Suardi Saleh Tak Lama Lagi jadi Bupati Barru Definitif
Idris Syukur dan Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Bupati Barru Suardi Saleh akan segera dilantik sebagai bupati Barru definitif menggantikan Andi Idris Sukur. Pelantikan Suardi Saleh langsung dilakukan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Ia akan dilantik oleh gubernur, ini sesuai dengan peraturan yang baru,  bupati dan wakil bupati dilantik oleh gubernur di kantor gubernur. Sementara gubernur dilantik di istana negara itu adalah peraturan yang baru," kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambarala, Senin (4/8/2017). 

Ambarala menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan proses pelantikan, dan dalam waktu dekat pelantikan akan digelar. Sebab, katanya tidak boleh jabatan tertinggi mengalami kekosongan dalam jangka waktu yang lama. 

"Sementara untuk pelantikan wakil bupati Barru akan diusulkan oleh Bamus DPRD Barru lewat paripurna. Setelah ada hasil dari paripurna DPRD Barru kemudian dilanjutkan ke gubernur dan gubernur meminta ke Kemendagri untuk di SK kan," katanya. 

Diketahui, Andi Idris Syukur sudah dinonaktifkan sebagai bupati Barru pada Agustus 2016 dalam kasus dugaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Idris dijatuhi vonis 4 tahun 6 bulan serta denda Rp250 juta, subsider 8 bulan kurungan pada 1 Agustus 2016 lalu oleh Pengadilan Tipikor Makassar. 

Bupati dua periode itu sempat menang saat mengajukan banding di Pengadilan Tinggi. Hakim menilai, Idris dinyatakan tidak terbukti melakukan gratifikasi. Namun, JPU melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Hasilnya, kasasi itu dikabulkan.