04 September 2017 18:48 WITA

BREAKING NEWS

Mendagri Resmi Copot Bupati Nonaktif Barru Idris Syukur

Editor: Mulyadi Abdillah
Mendagri Resmi Copot Bupati Nonaktif Barru Idris Syukur
Idris Syukur

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mencopot alias memberhentikan Bupati nonaktif Barru periode 2015-2020, Andi Idris Syukur.

Surat pemberhentian itu diterbitkan pada 21 Agustus 2017 dan sudah sampai ke tangan Pemprov Sulsel. 

"Surat pemberhentiannya sudah turun dari Mendagri, dan memang dari dulu kita usulkan ke Mendagri tentang hal itu," ucap Sekprov Sulsel, Abdul Latif saat dikonfirmasi, Senin (4/9/2017). 

Abdul Latif menjelaskan, pihaknya sekarang mempersiapkan pelantikan Wakil Bupati Sidrap, Suardi Saleh untuk dilantik sebagai Bupati Barru definitif. 

"Kita sementara memproses penggantian bupati Barru dengan mengajukan ke Mendagri untuk melantik Plt Bupati Barru (Suardi Saleh) menjadi bupati definitif," tutup Latif.

Diketahui, Idris Syukur sudah dinonaktifkan sebagai bupati Barru pada Agustus 2016 dalam kasus dugaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Idris dijatuhi vonis 4 tahun 6 bulan serta denda Rp250 juta, subsider 8 bulan kurungan pada 1 Agustus 2016 lalu oleh Pengadilan Tipikor Makassar. 

Bupati dua periode itu sempat menang saat mengajukan banding di Pengadilan Tinggi. Hakim menilai Idris dinyatakan tidak terbukti melakukan gratifikasi. Namun, JPU melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Hasilnya, kasasi itu dikabulkan.