Senin, 04 September 2017 16:26 WITA

Kota Makassar Segera Miliki Flyover Pettarani

Editor: Almaliki
Kota Makassar Segera Miliki Flyover Pettarani

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, segera mewujudkan proyek pembangunan Flyover Pettarani atau yang dikenal dengan nama "Pettarani Toll Road Makassar".

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, pembangunan yang diperkirakan menelan anggaran sekira Rp2,3 triliun ini, akan dibangun di sepanjang Jalan Andi Pangeran Pettarani hingga Jalan Sultan Alauddin.

"Jalan Pettarani inilah yang paling berat simpul transportasinya. Bangkitan-bangkitan kendaraan yang paling besar itu dari sekitar Panakkukang, baik karena pusat perbelanjaan, maupun karena hadirnya apartemen. Untuk itu, kehadiran tol layang ini sangat dibutuhkan," kata Danny usai melakukan pertemuan dengan PT Nusantara Insfrastructure di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Senin (4-9-2017).

Danny menambahkan, Pettarani Toll Road merupakan solusi kemacetan Kota Makassar, tanpa perlu memikirkan pembebasan lahan. Di mana masyarakat yang ingin memasuki wilayah tol bisa masuk melalui Jalan Sultan Alauddin atau Jalan Hertasning.

"Pettarani Toll Road akan dibangun sepanjang 4,3 kilometer, dari arah tol menuju ujung Jalan Sultan Alauddin. Pembangunannya menggunakan metode prestige erection segment box girder. Insyaallah lama pengerjaan dua tahun," paparnya.

Proyek flyover terpanjang di Indonesia Timur ini, lanjut Danny, akan dimulai enam bulan setelah groundbreaking, yang dilaksanakan tepat pada HUT Sulsel pada 19 Oktober 2017.

"Pembangunan berlangsung dua tahun. Sehingga pada saat pengerjaan proyek mulai dilaksanakan, diharapkan kepada masyarakat untuk bersabar. Karena pembangunan ini pasti berdampak pada kelancaran lalu lintas," pungkasnya.