Senin, 04 September 2017 15:57 WITA

Bertahun-tahun Jalan di Luwu Ini Berdebu dan Berlumpur

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Fathul Khair Akmal
Bertahun-tahun Jalan di Luwu Ini Berdebu dan Berlumpur

RAKYATKU.COM, LUWU - Warga di Kecamatan Basse Sangtempe Utara (Bastura), Kabupaten Luwu, hingga kini masih harus melewati jalan berlumpur. Padahal, jalan itu adalah penghubung antar Kecamatan dan Kabupaten.

Untuk menuju Bastura, kita bisa mengakses jalan melalui Kota Palopo dengan jarak tempuh selama dua setengah jam. Kita harus melewati dua anak sungai, dan beberapa pegunungan yang sedikit curam dan menanjak.

Saat kondisi jalan kering, pengguna jalan dan warga terganggu dengan debu. Sementara di saat musim hujan, kondisi jalan berlumpur. Bahkan kendaraan tak dapat melintas saat longsor. 

Salah seorang warga Bastem Utara, Salleng Sampe Allo mengatakan, kerap terjadi longsor bila musim hujan di jalan penghubung antar kecamatan dan kabupaten tersebut.

loading...

"Kalau musim hujan sering longsor, masa pembenahannya bisa memakan waktu 10 hari. Jadi kami kalau mau ke ibu kota kabupaten susah. Jadi alternatifnya ke Kabupaten Toraja Utara, itupun kalau jalan menuju ke sana tidak longsor," katanya kepada Rakyatku.com, Senin (4/9/2017).

Melihat kondisi jalan yang begitu memprihatinkan, membuat warga menyimpan harapan yang cukup besar kepada pemerintah Luwu. Mereka berharap, agar jalan yang sering mereka lalui tersebut segera mendapat sentuhan dari pemerintah.

"Yah, sudah bertahun-tahun hingga hari ini kami rasakan kekurangan. Tapi yah kami masyarakat hanya berharap kepada pemerintah supaya bagaimana pemerintah memfasilitasi jalan ini. Agar kami juga bisa menikmati jalan dengan menggunakan kendaraan roda empat, seperti Avanza," jelasnya.

Loading...
Loading...