30 August 2017 15:24 WITA

Rusia Relokasi 1.500 Orang Dekat Perbatasan Korea Utara

Editor: Suriawati
Rusia Relokasi 1.500 Orang Dekat Perbatasan Korea Utara
Vladimir Putin

RAKYATKU.COM - Vladimir Putin dikabarkan memerintahkan 1.500 orang Rusia untuk menjauh dari perbatasan Korea Utara setelah negara itu meluncuran rudal pada hari Selasa.

Menurut laporan Dailymail, presiden Rusia telah menginstruksikan pejabat pertahanan sipil untuk mengalihkan penduduk ke daerah aman di wilayah timur negara itu.

BACA JUGA: DK PBB Kutuk Uji Coba Rudal Korea Utara

"Perintah verbal diberikan untuk memindahkan 1.500 orang ke daerah yang aman," kata Mash, sebuah media sosial yang terkait dengan layanan berita utama Life.ru yang memiliki hubungan dekat dengan dinas keamanan Rusia.

"Perintah itu berasal dari departemen regional Kementerian Urusan Darurat Rusia."

Tapi, FedPress.ru melaporkan bahwa relokasi tersebut merupakan sebagai latihan, tapi tampaknya dipicu oleh peluncuran rudal di atas Jepang. "Skema relokasi sedang dilakukan sebagai bagian dari pelatihan," kata seorang sumber.

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia, Maria Zakharova telah memperingatkan bahwa krisis Korea Utara bisa berubah menjadi sebuah konfrontasi bersenjata dan "membawa dunia ke ambang bencana."

Rusia berbagi perbatasan darat 38 km dengan Korea Utara. Rusia juga mempertahankan hubungan politik dan bisnis dengan Pyongyang.