30 August 2017 15:05 WITA

Pemkab Lutra Menuju Kampung Kakao Terpadu

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pemkab Lutra Menuju Kampung Kakao Terpadu

RAKYATKU.COM, LUTRA - Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Abd Mahfud membuka seminar pendahuluan pembuatan master plan Kampung Kakao Desa Batu Alang, di aula Bappeda Luwu Utara, Rabu (30/08/2017).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bappeda Lutra, bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kegiatan ini diikuti sekira 80 orang, yang berasal dari lembaga pemerhati kakao, jajaran Pemerintah Desa Batu Alang, Tim peneliti Unhas, Dinas TPHP serta masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Abd Mahfud mengatakan, Luwu Utara memiliki banyak lahan yang berpotensi dalam pengembangan kakao. Terkhusus di desa Batu Alang yang terdapat 427 hektar lahan yang digunakan sebagai pengembangan kakao, serta telah ditetapkan sebagai kampung kakao.

"Guna pengembangan dan penguatan kakao tersebut, perlu adanya master plan yang mana ini dapat tercapai apa bila kita kerjakan secara bersama-sama dan terpenting adalah dukungan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap pihak Bappeda melakukan kajian bersama Balitbang, yang kemudian dikoordinasikan bersama stakeholder terkait langkah, sasaran, dan strategi untuk menciptakan kampung kakao yang terpadu. Sehingga dapat menjadi contoh baik dalam pelestarian, pengolahan, industri, serta pusat studi kakao di Sulsel.

"Luwu utara punya potensi dan harus dikembangkan. Jangan sampai di daerah lain berkembang pesat tapi kita masih sama seperti yang dulu, jadi perlu memang inovasi dan gerak cepat untuk mengembangkan potensi yang kita miliki," pungkasnya.