Selasa, 29 Agustus 2017 21:17 WITA

KPU dan Bawaslu Sulsel Janji Jaga Netralitas 

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
KPU dan Bawaslu Sulsel Janji Jaga Netralitas 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel berjanji untuk netral dalam kontestasi Pilkada yang akan datang. Hal itu disampaikan komisioner kedua lembaga tersebut, saat melakukan audiensi dengan Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Muktiono, Selasa (29/8/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono meminta kepada penyelenggara Pilkada, baik KPU maupun Bawaslu beserta jajarannya masing-masing agar menjaga netralitas.

"Jika penyelenggara Pilkada, Polri dan TNI sama-sama menjaga netralitas bisa menjadi penengah disaat masyarakat terpola karena dukungan pasangan calon pada kontestasi Pilkada," tegasnya.

Lebih lanjut, Jenderal Polisi bintang dua tersebut mengungkapkan, bahwa jika sinergitas tersebut terwujud, maka dapat diyakini pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan aman. 

KPU dan Bawaslu Sulsel Janji Jaga Netralitas "Hal ini sudah kita buktikan pada Pilkada serentak 2015 dan 2017 lalu. Dimana daerah yang sebelumnya dianggap rawan, akhirnya Pilkada-nya berjalan aman," tandasnya.

loading...

Sementara itu, rombongan Bawaslu Sulsel yang dipimpin oleh Ketua Laode Arumahi, anggota Fatmawati, Kasek Sudirman Rahim serta 3 Kasubag menyampaikan komitmennya untuk bersama-sama KPU menjaga netralitas demi menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

"Selain itu, Bawaslu Sulsel dan Polda Sulsel juga bersepakat untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama melalui penguatan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota," jelas Laode.

Seperti diketahui, anggota Panwas Kabupaten/Kota se Sulsel yang berjumlah 72 orang baru-baru ini telah dilantik dan diberikan pembekalan. Selanjutnya, mereka diberikan wewenang dan tugas untuk membentuk Sekretariat dan Panwas Kecamatan didaerahnya masing-masing. 

Loading...
Loading...