29 August 2017 15:53 WITA

China Klaim Kemenangan Atas India di Perbatasan Himalaya

Editor: Suriawati
China Klaim Kemenangan Atas India di Perbatasan Himalaya
Seorang tentara India di perbatasan China (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - China mengatakan bahwa India telah menarik pasukannya dari daerah perbatasan Himalaya yang disengketakan, sehingga mengakhiri minggu-minggu yang menegangkan.

Kementerian Luar Negeri di Beijing mengatakan, "personil India yang tidak patuh semuanya telah ditarik kembali dari wilayah perbatasan India."

Sementara Kementerian Luar Negeri India mengonfirmasi bahwa pasukan "memisahkan diri" di Doklam setelah kesepakatan antara kedua negara.

Perselisihan kedua negara dimulai pada pertengahan Juni ketika India mengatakan bahwa pihaknya menentang upaya China untuk memperpanjang jalan perbatasan di dataran tinggi. Daerah ini dikenal sebagai Doklam di India dan Donglang di China.

Dataran tinggi, yang terletak di persimpangan antara China, negara bagian Sikkim, India timur laut dan kerajaan Himalaya di Bhutan, diperdebatkan antara Beijing dan Bhutan. India mendukung klaim Bhutan atas hal itu.

Ada kekhawatiran bahwa China ingin membangun jalan untuk memperluas kehadiran fisik untuk membenarkan klaim historis. Tidak berbeda dengan pulau buatan yang sangat kontroversial yang telah dilakukan China selama bertahun-tahun di Laut Cina Selatan.

Penarikan pasukan India mungkin tampak sebagai kemenangan besar bagi China dan kemunduran untuk India,  tapi bukan itu yang dilihat pemerintahan Narendra Modi.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan, penarikan pasukan tersebut merupakan hasil upaya diplomatik yang berkelanjutan di balik pintu tertutup selama berminggu-minggu.