29 August 2017 12:43 WITA

Program "Jarwo Super" Sidrap Hasilkan Padi 12,8 Ton per Hektar 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Program

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Sidrap mendapatkan alokasi lahan seluas 200 hektar untuk menerapkan program "Jarwo Super" di tahun 2017.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi program "Jarwo Super" ini dilaksanakan di lima kecamatan. Diantaranya Kecamatan Watangpulu, Baranti, Maritengngae, Pituriawa, dan Dua Pitue.

Menurutnya, dari hasil pelaksanaan kegiatan "Jarwo Super" tersebut diperoleh hasil ubinan atau perkiraan produksi padi mencapai 12,8 ton per hektar. 

"Ini dilakukan di Kelompok Tani Sipatuwo Deceng, Desa Carawali, Kecamatan Watangpulu," ungkap Sudirman saat menghadiri Temu Lapang dan Panen Perdana Padi Taro 36/37 di Loka Penelitian Penyakit Tungro Lanrang, Desa Timorengpanua, Kecamatan Pancarijang, Sidrap, Selasa (29/8/2017). 

Sudirman menambahkan, keberhasilan dalam peningkatan produksi padi ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap untuk mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan. Hal itu terlihat dari produktivitas padi di Kabupaten Sidrap terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

"Untuk tahun 2016, berdasarkan angka BPS, produksi padi di Sidrap sebesar 587.982 ton atau mengalami peningkatan sekitar 9,42 persen dari 2015 yang produksinya mencapai 536.012 ton," papar Sudirman.