29 August 2017 11:20 WITA

Lolit Lanrang Sidrap Lucurkan Varietas Padi Tahan Tungro

Editor: Almaliki
Lolit Lanrang Sidrap Lucurkan Varietas Padi Tahan Tungro

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Panen perdana varietas unggul tahan penyakit tungro dilaksanakan di Loka Penelitian (Lolit) Penyakit Tungro, Lanrang, Desa Timoreng Panua Kecamatan Pancarijang, Sidrap, Selasa (29-8-2017).

Kegiatan yang mengambil tema "Teknologi Terpadu Jarwo Super dengan Taro 36/37 Mendukung Swasembada Beras Berkelanjutan" ini dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), A. Muh. Syakir.

Selain itu, panen perdana sekaligus temu lapang ini juga dihadiri Kapus Litbang Tanaman Pangan Kementan, Andriko Notosusanto bersama Sekretaris Daerah Sidrap, Sudirman Bungi dan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan Sidrap, Amiruddin Syam.

Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro Lanrang, Fauziah Tamrin Ladja mengatakan, areal yang ditanami padi varietas unggul tahan penyakit tungro ini seluas lebih kurang 40 hektare dan sudah siap panen.

"Varieras unggul yang tahan tungro ini sudah mendunia. Awalnya, kami memproduksi varietas Inpari 7, 8, dan 9 Lanrang. Kemudian, terakhir Inpari 36/37 Lanrang atau dikenal dengan istilah taro (tahan tungro)," jelas Fauziah.

Menurutnya, varietas taro ini memiliki keunggulan tersendiri yang bisa diandalkan dibanding varietas tanaman padi lainnya. "Ini sudah dibuktikan dan telah melalui penelitian di lapangan," papar Fauziah.