Minggu, 27 Agustus 2017 20:11 WITA

Katak Berhidung Babi Ditemukan di India

Editor: Adil Patawai Anar
Katak Berhidung Babi Ditemukan di India
Katak berhidung babi.

RAKYATKU.COM - Spesies katak baru ditemukan dan memiliki tampilan yang unik. Sebab, katak itu memiliki hidung yang mirip dengan babi.

Katak berhidung babi itu ditemukan di Hyderabad, India. Namanya Nasikabatrachus bhupathi, yang diambil dari ahli hewan-hewan amfibi, herpetologis, S. Bhupathy, yang meninggal 2014.

Nasikabatrachus bhupathi disebut para ilmuwan mirip dengan kodok ungu India, Nasikabatrachus sahyadrensis. Dilansir dream.co.id, bedanya katak bhupathi berwarna cokelat tua dan memiliki mata lebih bercahaya.

Penemuan spesies ini di India mendukung teori pergeseran benua. Dalam teori itu India disebut pernah menjadi bagian sebuah daratan kuno Gondwana.

loading...

"Kami mengonfirmasi bahwa spesies itu berbeda katak ungu ketika kami memilah-milah DNA-nya dan menemukan bahwa secara genetis itu sangat berbeda dari kodok ungu," Ramesh K Aggarwal, ilmuwan kepala di CCMB mengatakan kepada The Hindu.

Aggarwal adalah satu dari lima rekan penulis penelitian ini, yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Alytes.

Selain N.bhupathi, Alytes juga menggambarkan penemuan dua spesies katak baru dari India utara-timur: Xenophrys sanu, yang ditemukan di perbukitan Darjeeling di Bengal Barat, dan Xenophrys katabhako, ditemukan di Bengal Barat dan Sikkim.

Tags
Loading...
Loading...