Jumat, 25 Agustus 2017 12:25 WITA

H-6 Idul Adha, DP2 Makassar Periksa Kelayakan Hewan Kurban

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
H-6 Idul Adha, DP2 Makassar Periksa Kelayakan Hewan Kurban

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jelang Idul Adha, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar bersama Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin (Unhas), menggelar pemeriksaan kelayakan hewan kurban, di tempat penjualan hewan kurban, di samping Masjid Al Markaz Al-Islami, Jalan Masjid Raya, Jumat (25/8/2017).

Kepala DP2 Kota Makassar, Abd Rahman Bando mengatakan, pemeriksaan terhadap sekira 70 ekor sapi milik H Mustafa ini dilakukan untuk memastikan hewan tersebut bebas dari penyakit menular dan telah memenuhi syarat berdasarkan syariah.

"Ada sekira 200 orang yang kami turunkan untuk melakukan pemeriksaan hari ini. Terdiri atas 42 petugas DP2, 100 dokter hewan Unhas, serta bantuan dari Persatuan Perhimpunan Dokter Hewan (PPDH) Sulawesi Selatan dan Barat. Personil dibagi dalam lima tim dan disebar ke sejumlah wilayah di Makassar," kata Rahman Bando.

H-6 Idul Adha, DP2 Makassar Periksa Kelayakan Hewan KurbanPemeriksaan diawali dengan melakukan pemeriksaan fisik hewan, seperti tanduk dan gigi. Apabila dirasa telah cukup umur dan tidak terindikasi menderita penyakit, maka akan langsung diberi tanda dan nomor, serta kartu kesehatan hewan.

Loading...

Namun, jika pada hewan tersebut terdapat tanda-tanda mengidap penyakit. Maka tim akan melakukan pengambilan sampel darah, dan langsung dicek di mobil Animal Care (laboratorium mobile). 

"Kalau positif (berpenyakit), akan langsung kita isolasi dan diobati. Sedangkan untuk yang tidak layak karena kurus, maka kita minta untuk digemukan dulu. Sementara yang tidak layak karena cacat fisik, kita arahkan dibawa ke rumah potong hewan, agar bisa dikomsumsi umum, bukan untuk kurban," pungkasnya.

Loading...
Loading...