21 August 2017 19:44 WITA

Iksan Iskandar: Ekonomi Jeneponto Membaik

Editor: Fathul Khair Akmal
Iksan Iskandar: Ekonomi Jeneponto Membaik
Jemaah Haji asal Jeneponto

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bupati Kabupaten Jeneponto, Iksan Iskandar mengungkapkan mayoritas Jemaah Calon Haji (JCH) asal Jeneponto tahun ini, mayoritas merupakan petani. Ia juga mengatakan, jika jumlah jemaah haji Jeneponto tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. 

"Tahun ini kuota kami bertambah dan rata-rata jemaahnya itu petani. Ada petani beras, jagung, bahkan ada juga nelayan," ujar Iksan di Aula II Asrama Haji, Senin (21/8/2017).

Menurut Iksan, rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tidak mempengaruhi jumlah pendaftar jemaah haji Jeneponto. Tercatat, IPM Jeneponto berada diperingkat 24 dari 24 daerah yang ada di Sulsel.

Jika mengacu pada jumlah pendaftar, jemaah haji Jeneponto mencapai 8.600 orang, maka kehidupan ekonomi Jeneponto mulai membaik. 

"Sebenarnya IPM itu kategorinya ada tiga. Kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Kalau pendidikan dan kesehatan memang kami belum maju, tapi kalau ekonomi saya kira sudah membaik. Bahkan petani saja sudah bisa daftar haji," terangnya. 

Sampai saat ini, pihaknya terus mengupayakan untuk membuat IPM Jeneponto meningkat. Salah satu upaya yang ia siapkan untuk memberantas anak putus sekolah di Jeneponto ialah SOS, yaitu satu PNS yang bergerak untuk membimbing satu anak yang putus sekolah. 

Lebih lanjut, Iksan Iskandar mengatakan dengan masih minimnya kuota jemaah haji untuk Jeneponto, maka masa tunggu untuk Jemaah haji asal Jeneponto bekisar 20-21 tahun. Ia pun berharap tahun depan ada penambahan kuota untuk jemaah haji dari Jeneponto.