Minggu, 20 Agustus 2017 21:21 WITA

Yasmib Sulawesi Dorong Penyediaan Infrastruktur Bagi Disabilitas

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Yasmib Sulawesi Dorong Penyediaan Infrastruktur Bagi Disabilitas
Direktur Yasmib Sulawesi, Rosniati Azis.

RAKYATKU.COM - Yayasan Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi mengajak semua kalangan di Pangkep, turut serta mendorong kebijakan dan fasilitas layanan publik yang aksesibel bagi penyandang disabilitas.

Menurut Direktur Yasmib Sulawesi, Rosniati Azis, hal tersebut sesuai dengan perintah UU Nomor 8 tahun 2016. Baik bangunan baru maupun lama, khususnya terkait layanan publik, seharusnya aksesibel bagi setiap orang, termasuk penyandang disabilitas.

"Dari dua desa yang kita dampingi, Mattiro Kanja dan Mattiro Baji, Alhamdulillah sudah terbentuk kelompok kecil untuk memperkuat pengorganisasiam kelompok rentan tersebut," kata Rosniati, Minggu (20/8/2017).

Rosniati menjelaskan, dalam UU Nomor 8 tersebut, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak memberikan pemenuhan hak kaum disabilitas, untuk mendapatkan pelayanan sebagaimama warga lainnya.

"Setidaknya bila ada bangunan baru harus memperhatikan UU ini. Begitupun bangunan lama, bila memungkinkan ada jalan khusus misalnya bagi warga yang memakai kursi roda, atau lainnya. Mengingat jumlah penyandang Disabilitas yang juga cukup banyak di Pangkep," ungkap Rosniati.

Rosniati mangaku, saat ini Yasmib bekerjasama dengan TAF dan Kompak sementara mendorong adanya kelompok penyandang disabilitas lingkup kabupaten.

Tags