18 August 2017 00:32 WITA

Mencari Sosok Dibalik Makam Tak Beridentitas di Soppeng

Editor: Adil Patawai Anar
Mencari Sosok Dibalik Makam Tak Beridentitas di Soppeng

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Taman Makam Pahlawan di Jalan Salotungo, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Sulsel masih menyimpan rahasia sejarah yang belum terkuak hingga kini. Bagaimana tidak, 155 Pusara pahlawan yang tergabung Gabungan Perjuangan Indonesia Sulawesi (Gapis), lima makam belum memiliki identitas hingga saat ini.

 Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Soppeng, A. Zulkifli mengatakan, hingga saat ini, belum ada pihak yang bisa jelaskan siapa sosok dibalik makam tak bernama tersebut. Sehingga masyarakat hanya menyebut mereka  pahlawan tak dikenal. 

"Makam itu sudah ada sejak awal. Untuk alasan adanya makam yang tak dikenal tersebut memang dari dulu sudah ada disana," kata Zulkifli kepada Rakyatku.com.

Ia menjelaskan, dari dulu, lima makam tersebut tak pernah mendapat kunjungan ziarah dari seseorang. Mengingat, tak ada satupun warga yang mengakui jika salah satu dari lima makam pahlawan tersebut keluarganya.

"Setiap tahun apalagi pada saat kemerdekaan, para keluarga pejuang ramai berziarah disini, namun tak ada satupun keluarga dari kelimanya yang pernah datang berziarah," tutupnya. 

Tags
HUT RI