Rabu, 16 Agustus 2017 20:12 WITA

BPJS Klaim JKN Efektif pada Calon Jemaah Haji

Penulis: Himawan
Editor: Almaliki
BPJS Klaim JKN Efektif pada Calon Jemaah Haji
Ilustrasi haji / Fadel Maujud

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Meski baru akan diterapkan tahun depan, tetapi tak sedikit yang mempertanyakan penerapan kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikeluarkan oleh BPJS untuk pendaftar jemaah haji. 

JKN sendiri pada dasarnya sama dengan asuransi kesehatan ataupun kartu jaminan kesehatan lainnya. Sebab akan ada iuran yang dikenakan untuk para pendaftar. Jika setiap masyarakat punya JKN, maka pelayanan kesehatan pun akan ditanggung secara gratis. 

Kepala BPJS Kesehatan cabang Makassar, Unting Patri Wicaksono mengungkapkan JKN ini bisa efektif terhadap jemaah calon haji, karena bisa digunakan untuk para jemaah calon haji yang mungkin saja terkena penyakit sebelum keberangkatannya ke tanah suci. 

"JKN ini berguna kepada para calon jemaah untuk biaya perawatan jika terkena penyakit sebelum keberangkatan," ujar Unting, Rabu (16/8/2017).

Selain itu, Unting menambahkan, jika penggunaan JKN ini tidak hanya berlaku saat proses sebelum keberangkatan jemaah haji. JKN juga bisa digunakan saat pemulangan jemaah haji ketika berada di asrama haji. 

loading...

Menurut Unting, saat pemulangan jemaah haji dari tanah suci, dikhawatirkan ada jemaah yang tertular virus ataupun menderita penyakit serius, maka jemaah tersebut bisa memakai JKN sebagai biaya perawatan selama di rumah sakit. 

Lebih lanjut, Unting mengungkapkan jika tidak ada proses administrasi yang sulit ketika para pendaftar ibadah haji jika mendaftar JKN. Para pendaftar hanya perlu menggunakan KTP untuk mendaftar kartu Jaminan Kesehatan Nasional ini. 

"Kami memudahkan para jemaah jika ingin membuat JKN. Cukup KTP saja, maka sudah bisa terdaftar di JKN," pungkasnya.

Loading...
Loading...