Senin, 14 Agustus 2017 15:28 WITA

Pilkada Serentak 2018

KPU Parepare Dorong Disdukcapil Rapikan Data Kependudukan 

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Fathul Khair Akmal
KPU Parepare Dorong Disdukcapil Rapikan Data Kependudukan 

RAKYATKU.CPM, PAREPARE - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Nur Nahdiyah mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) agar dapat mendeteksi dan merapikan data ganda kependudukan di Kota Parepare.

Hal tersebut kata dia, sebab data kependudukan tersebut akan menjadi acuan KPU dalam menetapkan DPT.

"Sebab ini bisa jadi polemik pada saat pemutakhiran data pemilih. Namun, informasi awal dari Disdukcapil ini, bisa menjadi concern kami untuk petugas PPDP pada saat bimtek sebelum coklit. Kami berharap semua masyarakat Parepare  berpartisipasi aktif juga dalam proses ini," katanya, Senin (14/8/2017).

Sebelumnya, Disdukcapil Kota Parepare, melakukan verifikasi data kependudukan pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hasilnya, sekira 4 ribu data ganda ditemukan.

Temuan itupun, telah dibersihkan dari database Disdukcapil sebanyak 125.479 jiwa.

loading...

"Hingga hari ini, sudah 4.000 data yang kami bersihkan. Ada yang Sudah merekam di tempat lain, tapi datanya masih kita dapati. Sehingga kita langsung bersihkan agar data ganda dapat secepatnya teratasi," ungkap Kepala Bidang Data,  Disdukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra.

Dia optimis, seluruh data ganda sudah bisa dibersihkan pada akhir bulan September. Atau sebulan lebih cepat dari target bulan Oktober.

"Kami target akhir September sudah bisa rampung," janji Adi.

Loading...
Loading...