14 August 2017 03:00 WITA

Akun Facebook Ketua PSSI Sidrap Kembali Dibajak

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Akun Facebook Ketua PSSI Sidrap Kembali Dibajak
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Akun Facebook pribadi Ketua Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sidrap, Jamil Hasyim kembali dibajak atau dihack orang tak dikenal, Senin (14/8/2017).

Modus yang digunakan pelaku masih sama seperti dulu ketika melakukan hacking pertama, yakni minta dibelikan pulsa kepada teman korban melalui chating messenger di akun FB tersebut. 

Pelaku pembajak FB Jamil Hasyim itu mengirim pesan singkat kepada calon korbannya, dengan meminta dibelikan pulsa sebanyak Rp100 ribu untuk dikirim ke nomor yang disediakan. 

Gaya pesan singkat yang dikirim pelaku juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yaitu seolah-olah ia berada di suatu tempat sedang melakukan urusan penting, namun terkendala karena kehabisan pulsa dan di tempat tersebut tidak tersedia kounter penjualan pulsa. 

Untuk mencari tahu pelakunya, korban berinisial DP itu sengaja melayani. "Saya sengaja melayaninya, seakan-akan saya percaya jika yang chating itu adalah Pak Jamil Hasyim. Padahal, saya tahu persis kalau itu penipu. FB ini sudah pernah dibajak sebelumnya dengan modus serupa," ujar lelaki berinisial DP.

Menanggapi hal tersebut, Jamil Hasyim mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menjalin pertemanan dengannya di jejarin sosial tersebut, untuk mewaspadai pelaku yang mengatasnamakan dirinya meminta pulsa. 

"Sama seperti kejadian sebelumnya beberapa pekan lalu, dia (pembajak) juga minta pulsa 100. Untung tidak dilayani, karena teman saya waktu itu heran, kenapa ada penjual pulsa minta dibelikan pulsa. Makanya dia minta konfirmasi ke saya. Saya bilang jangan diladeni, penipu itu," ungkap Hasyim.

Ia menambahkan, sejak dihack beberapa waktu lalu, akun FB tersebut sudah bukan lagi dibawah kendalinya, karena memang tidak bisa lagi dia operasikan lantaran dikuasai pembajak itu. 

"Karena itu, tolong teman-teman jangan diladeni. Bikin malu saja," pungkas Jamil.

Tags