14 August 2017 02:30 WITA

Pemkab Soppeng Kirim Ribuan Benih Jagung ke Gorontalo

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pemkab Soppeng Kirim Ribuan Benih Jagung ke Gorontalo

RAKYATKU. COM, SOPPENG - Untuk mendukung program swasembada jagung nasional, PT. Jagung Nusantara yang berada di Kabupaten Soppeng, menyalurkan benih jagung hibrida sebanyak 17.000 kg ke Provinsi Gorontalo.  

Benih tersebut merupakan hasil tangkaran petani di Kabupaten Soppeng, yang dikoordinir oleh PB.  Oryza Sativa, salah satu penangkar benih binaan Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng. 

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan, dalam sektor pertanian, ada beberapa komitmen yang telah dibuat dan selebihnya telah diupayakan. Menurutnya, jagung merupakan program utaman  pemerintah pusat.

"Pemerintah dan semua masyarakat terlibat langsung dalam mensukseskan program ini. Pada tahun lalu kita mencapai 200 pesen lebih, dan hal ini juga merupakan nilai tambah kepada masyarakat, khususnya di bidan pertanian jagung," kata Kaswadi.

Mantan Ketua DPRD Soppeng itu menambahkan, di Kabupaten Soppeng, sektor pertanian menjadi unggulan, seperti dalam bidang padi, jagung perikanan, peternakan, dan perkebunanan.

Sementara itu, Kadis pertanian Soppeng, Fajar mengatakan, penangkaran Kabupaten Soppeng pada tahun 2017 sebanyak 50 hektar, dengan total produksi sekitar 150 ton.  

Menurutnya, produksi tersebut untuk mendukung pemenuhan kebutuhan benih jagung hibrida secara nasional. Untuk Soppeng, lanjut Fajar pihaknya berencana menyerap 24.148 kg sesuai jatah dari Kementerian Pertanian.  

"Yang dikirim ke Gorontalo sebanyak 17.000 kg. Varieras Bima 20. Tahun depan direncanakan penangkaran 500 hektar," ungkap Fajar.

Kamaruddin Wahyu, yang merupakan perwakilan PT Jagug Nusantara Pboryza Sativa menambahkan, dari seluruh daerah yang ada di Sulawesi selatan, Soppeng memiliki hasil tertinggi, yang mencapai sekitar 3 ton, sementara daerah lain hanya sekitar 1 ton.

"Perusaahn kami memilih Soppeng sebagai tempat penakaran benih, selain pencapaian yang tinggi, juga dukungan Bupati sangat besar kepada petani," beber Wahyu.