Minggu, 13 Agustus 2017 21:38 WITA

Layanan Kupastas Diserbu Warga Kelurahan Untia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Layanan Kupastas Diserbu Warga Kelurahan Untia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelayanan Kupastas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar di Kelurahan Untia, diserbu ratusan warga yang ingin merekam data kependudukannya.

Hal tersebut nampak pada hari kedua perekaman data, yang dilakukan Disdukcapil melalui pelayanan Kupastas-nya dalam melayani warga, yang belum mempunyai surat surat kependudukan. 

Menurut Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Chaidir, program penerbitan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), kartu keluarga (KK), pencatatan akta kelahiran dan kartu anak dilaksanakan di akhir pekan, mengingat banyaknya kesibukan warga di hari-hari biasa.

"Untuk itulah dengan adanya layanan Kupastas diakhir pekan, warga yang tidak mempunyai waktu di hari biasa, bisa langsung datang untuk mengurus surat surat yang dibutuhkan secara gratis," kata Chaidir, Minggu (13/8/2017).

Layanan Kupastas Diserbu Warga Kelurahan UntiaCnaidir menambahkan, program Kupastas yang dilaksanakan pihak Disdukcapil, tidak hanya di Kelurahan Untia saja, namun akan memprioritaskan daerah-daerah di kelurahan lain yang belum jelas data pencatatan kependudukannya.

"Secara bertahap pelayanan Kupastas memprioritaskan melayani kelurahan kelurahan yang belum lengkap pencatatan administrasi kependudukannya, sehingga kedepan tidak ada lagi warga yang mengeluhkan tidak mempunyai surat kependudukan dan yang lebih utama akan memperjelas data kependudukan disetiap kelurahan," jelasnya

Sementara itu, Lurah Untia, Andi Patiroi meminta kepada warganya  memanfaatkan pelayanan Kupastas ini dengan sebaik baiknya.

"Ini memberikan kesempatan bagi mereka, hari libur mendatangi kantor kelurahan selain dekat jiuga tidak mengganggu aktifitas mereka pada saat bekerja," ungkap Patiori dalam rilis yang diterima Rakyatku.com