13 August 2017 18:47 WITA

Benda Ini Jangan Dipakai Bersamaan

Editor: Adil Patawai Anar
Benda Ini Jangan Dipakai Bersamaan

RAKYATKU.COM - Jika kita mencermati, ada beberapa jenis benda yang akan dipakai bersama-sama dengan orang lain seperti sandal atau bahkan earphone. Meskipun terlihat seperti hal yang biasa saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa benda yang sebaiknya hanya dipakai sendiri dan tidak dipakai orang lain, termasuk sandal dan earphone tersebut. Apa alasan dari rekomendasi ini?

Sandal
Kebanyakan orang akan berganti-ganti sandal sesuka hati saat berada di rumah. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita hanya memakai sandal untuk kita sendiri. Hal ini disebabkan oleh saat kita memakai sandal atau alas kaki lainnya, kaki kita akan berkeringat sehingga mengalami pertumbuhan bakteri dan jamur. Berbagai bakteri dan jamur ini tentu akan menempel pada sandal dan akan berpindah ke orang lain jika sandal ini dipakai secara bergantian. Jika hal ini terjadi, maka masalah jamur kulit pada kaki tentu bisa berpindah, bukan?

Earphone
Terkadang kita meminjam earphone milik teman atau anggota keluarga lainnya saat ingin mendengarkan musik atau keperluan lainnya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini kurang baik dalam kesehatan. Setiap orang memiliki bakteri dan kotorannya sendiri-sendiri yang tentu akan menempel pada earphone yang dipakai. Kita tentu tidak ingin bukan terkena bakteri atau kotoran tersebut jika meminjam earphone orang lain?

Handuk
Sekalipun handuk ini anda pakai bersama dengan pasangan atau anggota keluarga, hal ini tetap saja kurang baik untuk dilakukan. Handuk yang lembab bisa menjadi tempat yang ideal bagi jamur dan bakteri berkembang biak sehingga kita tentu akan meningkatkan resiko terkena penyakit kulit.

Lipstick
Cukup banyak wanita yang mencoba atau bahkan meminjam lipstick dan temannya. Padahal, hal ini sangat berbahaya. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan penularan penyakit herpes melalui air liur atau lendir yang ada pada bibir.