13 August 2017 18:08 WITA

Kepala Rumah Sakit di Mana 60 Anak Meninggal, Ditangguhkan

Editor: Suriawati
Kepala Rumah Sakit di Mana 60 Anak Meninggal, Ditangguhkan
Dr Rajeev Mishra

RAKYATKU.COM - Kepala rumah sakit di India, di mana setidaknya 60 anak-anak meninggal karena kekurangan oksigen, telah ditangguhkan.

Kepala BRD Medical College, Rajeev Misra ditangguhkan oleh pemerintah Uttar Pradesh pada hari Sabtu (12/08). Pemerintah juga memerintahkan penyelidikan mengenai kontrak untuk memasok oksigen.

BACA JUGA: 60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit di India

Sebelumnya, media India melaporkan bahwa kematian anak-anak tersebut disebabkan oleh kekurangan oksigen setelah pemasok swasta menarik peralatannya karena iuran rumah sakit tidak dibayar.

Pejabat rumah sakit membantah hal ini, dengan mengatakan bahwa pasokan alternatif telah ditemukan. Mereka justru menyalahkan kematian atas penyakit ensefalitis dan masalah yang tidak disebutkan terkait kelahiran bayi.

Pada hari Sabtu, kepala rumah sakit juga menuduh pejabat pemerintah mengabaikan permintaan dananya.

"Saya menulis setidaknya tiga surat," kata Misra kepada wartawan. Ia menambahkan bahwa dia bahkan telah menandai masalah ini.

Rapi, Menteri Kesehatan Uttar Pradesh membela peran pemerintah dengan mengatakan bahwa tidak ada masalah tagihan yang belum dibayar yang diperhatikan dan semua permintaan dana segera dibayarkan.

India menghabiskan sekitar satu persen dari produk domestik bruto (PDB) untuk kesehatan masyarakat, di antara yang terendah di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Modi telah meningkatkan pengeluaran kesehatan dan bersumpah untuk membuat perawatan kesehatan lebih terjangkau.

Tags