13 August 2017 16:56 WITA

Hong Kong Tingkatkan Pemeriksaan Telur dari Eropa

Editor: Suriawati
Hong Kong Tingkatkan Pemeriksaan Telur dari Eropa
Hong Kong meningkatkan pengawasan telur dari Eropa, seperti Belgia dan Belanda

RAKYATKU.COM - Otoritas keamanan makanan Hong Kong telah meningkatkan pemeriksaan telur yang diimpor dari Eropa, setelah telur terkontaminasi insektisida ditemukan dari beberapa telur impor.

Sekretaris Pangan dan Kesehatan (HKSAR) Sophia Chan mengatakan bahwa "Pusat Keamanan Pangan (CFS) Departemen Kebersihan Makanan dan Lingkungan sangat memperhatikan masalah ini dan telah menerapkan langkah-langkah untuk menangani telur bermasalah."

BACA JUGA: Skandal Telur Terkontaminasi Menyebar dari Eropa ke Asia

Chan mengatakan, CFS mengambil tindakan setelah dua sampel telur yang diimpor dari Belanda ditemukan mengandung tingkat insektisida yang berlebihan awal bulan ini.

Menurut Chan, langkah-langkah pemeriksaan pada tingkat impor dan ritel telah dilakukan. "Pada tingkat impor, mereka telah meningkatkan pengawasan dan memeriksa semua telur dari masing-masing negara yang memiliki masalah, misalnya Belgia, juga Belanda dan sisanya."

"Impor telur dikontrol ketat dan hanya mereka yang memiliki sertifikat kesehatan yang diakui yang dapat diimpor ke Hong Kong," tambahnya.

"Pada tingkat ritel, mereka juga telah mencabut telur bermasalah, dan juga meningkatkan pengawasan terhadap telur, terutama yang berasal dari negara-negara Eropa," kata Chan.

Chan menambahkan bahwa CFS telah menghubungi pedagang grosir telur dan pengecer untuk mendiskusikan tindakan pencegahan, untuk mencegah masuknya telur bermasalah.