Minggu, 13 Agustus 2017 17:20 WITA

Pemda Gowa Amankan Alat Berat yang Diduga untuk Penambangan Liar

Editor: Almaliki
Pemda Gowa Amankan Alat Berat yang Diduga untuk Penambangan Liar

RAKYATKU.COM, GOWA - Tim Terpadu Penertiban Tambang Liar bentukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa kembali mengamankan alat berat saat hendak beroperasi.

Informasi Rakyatku.com, alat berat jenis escavator bersama mobil tronton tersebut diamankan karena diduga kuat akan menambang secara liar di wilayah Kecamatan Bontonompo Selatan.

"Kembali kita menangkap escavator dan mobil tronton, masing-masing 1 unit tadi malam," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Minggu (13/8/2017).

Pemda Gowa Amankan Alat Berat yang Diduga untuk Penambangan Liar

Selain itu, diamankan pula sopir bersama operator alat berat ketika hendak menuju lokasi di Bontonompo tengah malam. Ia menduga ada keterlibatan oknum Satpol PP. 

"Jika benar, maka hari itu juga saya suruh terbitkan SK pemberhentiannya," demikian Adnan. 

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini juga mewanti-wanti, semisal ada oknum pemerintah setempat baik itu camat maupun kepala desa yang terlibat penambangan yang merusak lingkungan.

"Saya sudah bilang, kalau ada camat yang terlibat saya ganti langsung, kalo kades yang terlibat, saya suruh proses ke penegak hukum."

Sementara itu, Kasatpol PP Gowa, Alimuddin Tiro, membenarkan adanya indikasi keterlibatan anggotanya di aktivitas tambang liar.

"Dari pendalaman yang dilakukan atas hasil penangkapan tadi malam, memang benar ditemukan indikasi adanya anggota Satpol PP yang terlibat," jelasnya.

Oknum Satpol PP tersebut, kata Alimuddin, berinisial R dan berstatus pegawai honorer. "Dia berstatus pegawai honorer. Kita akan laporkan segera ke Pak Bupati hasil pendalaman atas keterlibatan oknum tersebut," pungkasnya.