Minggu, 13 Agustus 2017 16:00 WITA

Tasming Peringati HUT RI ke-72 dengan Lomba-lomba Tradisional

Editor: Almaliki
Tasming Peringati HUT RI ke-72 dengan Lomba-lomba Tradisional

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Bakal calon wali kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) ikut memeriahkan rangkaian kegiatan HUT RI ke-72 yang digelar komunitas NET Goodpeople Parepare dan masyarakat Tonrangeng kelurahan Sumpang Minangae, Minggu (13/8/2017). 

TSM dalam kesempatan itu mengapresiasi semangat komunitas dan masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan dengan bentuk kegiatan lomba tradisional.

“Ini dalam rangka meriahkan HUT sebagai bentuk rasa syukur dan juga membangkitkan semangat kebersamaan, semangat partisipatif, semangat juang, dan semangat bagi kaum muda untuk menyongsong generasi emas mendatang,” ujarnya.

Sementara komunitas NET Goodpeople Parepare dan warga Tonrangeng menilai, Festival Permainan Rakyat ini untuk menumbuhkan kembali kecintaan terhadap budaya lokal yang berbasis gotong royong, di mana dibutuhkan kerjasama dalam bermain.

“Jadi kegiatan ini sendiri adalah inisiatif teman-teman yang tergabung dalam Goodpeople Parepare, salah satu alasannya kembali mengingatkan permainan rakyat dan tradisional yang semakin ditinggalkan,” ucap Andis Petta Lolo, yang ditunjuk selaku penanggung jawab kegiatan.

Permainan tradisional itu seperti maggetta atau permainan gelang karet, mallongga atau engrang, dan sejumlah permainan tradisional yang jarang dimainkan oleh anak zaman sekarang. 

Paling menarik adalah balapan MotoGP ala kampung, dikenal dengan sebutan balap padinding yang menggunakan ban motor bekas. Selain itu, acara yang bertajuk 'Traditional Game and Study Fun Netpeople' ini, juga diisi dengan lomba mewarnai untuk anak kelas satu sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Permainan tradisional tersebut dipercaya bisa membangun nilai karakter dan gotong royong sejak dini kepada anak usia dini.

“Pendidikan karakter itu memang sangat penting di era sekarang, dan permainan tradisional saya kira adalah salah satu sarana terbaik untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kerjasama, keuletan, dan juga konsentrasi. Semua itu ada di dalam permaianan tradisional,” tambah Rudi Hartono yang juga ketua komunitas Netpeople Ajatappareng.