Minggu, 13 Agustus 2017 14:30 WITA

2 Tahun Ditahan di Korea Utara, Pastor Kanada Dibebaskan

Editor: Suriawati
2 Tahun Ditahan di Korea Utara, Pastor Kanada Dibebaskan
Hyeon Soo Lim bergabung kembali dengan istrinya saat ia kembali ke Kanada (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM - Seorang pastor Kanada yang dipenjara selama lebih dari dua tahun di Korea Utara (Korut), telah dibebaskan dan tiba rumahnya pada hari Sabtu (12/08).

Hyeon Soo Lim dijatuhi hukuman kerja keras seumur hidup pada tahun 2015, karena diduga mencoba menggunakan agama untuk menghancurkan sistem Korut dan membantu pihak berwenang AS dan Korea Selatan memikat dan menculik warga Korut. Namun ia dilepaskan minggu lalu, "sebagai jaminan sakit."

BACA JUGA: Mahasiswa AS yang Dibebaskan Dari Korea Utara Meninggal Dunia

Menurut laporan, sebelum pembebasan Lim, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengirim penasihat keamanan nasional, Daniel Jean ke Pyongyang untuk negosiasi. Kanada tidak memiliki kantor diplomatik di Pyongyang dan bergantung pada Swedia untuk menangani isu-isu konsuler.

2 Tahun Ditahan di Korea Utara, Pastor Kanada DibebaskanPembebasan Lim terjadi hampir dua bulan setelah mahasiswa AS, Otto Warmbier dipulangkan dari Korea Utara dalam keadaan koma. Warmbier kemudian meninggal dunia beberapa hari setelah tiba di AS.

BACA JUGA: AS Desak Korea Utara untuk Bebaskan 3 Tahanan Asal Amerika

Lim adalah pastor di Gereja Light Korean Presbyterian di Toronto. Para pendukungnya mengatakan bahwa dia menjalankan misi kemanusiaan ke Korea Utara saat dia ditahan.

Sedikitnya tiga orang Amerika dan enam warga Korea Selatan masih ditahan di Utara.

Tags