13 August 2017 13:32 WITA

Aksi Curnak Marak, Warga Lagading Sidrap Murka

Editor: Fathul Khair Akmal
Aksi Curnak Marak, Warga Lagading Sidrap Murka

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Maraknya aksi pencurian ternak (curnak) sapi di Desa Lagading, Kecamatan Pituriase, Kabupaten Sidrap akhir-akhir ini, membuat warga di daerah itu resah. 

Warga di desa tersebut bahkan mulai mengancam akan melakukan tindakan main hakim sendiri, bila suatu waktu warga berhasil menangkap para pelaku yang kerab melakukan pencurian hewan ternak di kawasan itu. 

Pernyataan ini disampaikan warga Lagading kepada Kepala Kepolisian Resor (Polres) Sidrap, AKBP Witarsa Aji saat melakukan turing menjelajahi kawasan ini.

"Kalau aksi pencurian sapi ini terus berlanjut, kami sendiri akan memberikan pelajaran kepada para pelaku," tegas Abdullah, salah seorang warga Lagading di depan Kapolres Witarsa Aji.

Sementara itu, Kepala Desa Lagading, Alimuddin tidak menampik maraknya aksi pencurian sapi selama ini di desanya. "Sudah ada puluhan ekor yang hilang. Makanya warga sangat geram dan mengancam main hakim sendiri," terangnya. 

Menanggapi pernyataan tersebut, Witarsa Aji mengimbau agar warga masyarakat tidak melakukan tindakan main hakim sendiri. "Kalau ada yang tertangkap sebaiknya diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses secara hukum," sarannya. 

Disebutkannya, tindakan main hakim sendiri bukan jalan untuk menyelesaikan persoalan, justru menimbulkan masalah baru. 

"Jangan sampai itu dilakukan (main hakim sendiri), karena bukan penyelesaian masalah yang terjadi. Tetapi malah menambah masalah," ujar Witarsa.

Sebelumnya, dilaporkan tiga pelaku curnak di Desa Lagading diringkus Polsek Pituriase dengan barang bukti beberapa ekor sapi yang sudah disembelih. 

Ketiga pelaku saat ini sementara dalam proses hukum di Polres Sidrap. Warga Lagading berharap, dengan tertangkapnya ketiga pelaku tersebut, pihak kepolisian bisa mengungkap sindikat curnak yang selama ini melancarkan aksinya.

Tags
curnak