13 August 2017 12:35 WITA

Penyerang di Virginia Didakwa Melakukan Pembunuhan

Editor: Suriawati
Penyerang di Virginia Didakwa Melakukan Pembunuhan
James Alex Fields (Foto: Twitter)

RAKYATKU.COM - Pria yang ditangkap karena menabrak kerumunan yang memprotes demonstrasi supremasi kulit putih di Charlottesville, Virginia, didakwa melakukan pembunuhan.

Dilansir dari The Guardian, pengawas Penjara Daerah Albemarle-Charlottesville, Col Martin Kumer mengatakan bahwa terakwa diidentifikasi sebagai James Alex Fields, berusia 20 tahun. Dia ditangkap setelah serangan tersebut terjadi, dan menewaskan satu orang dan melukai 19 lainnya.

BACA JUGA: 1 Tewas Dalam Kekerasan Anti Demonstrasi Supremasi Kulit Putih AS

"Dia didakwa dengan pembunuhan tingkat dua, tiga tuduhan melukai dan gagal menghentikan kecelakaan yang mengakibatkan kematian," kata Kumer.

Kantor FBI Richmond mengatakan bahwa pihaknya juga sedang membuka penyelidikan hak-hak sipil mengenai kecelakaan tersebut, bersama dengan divisi hak-hak sipil Departemen Kehakiman dan Kantor Kejaksaan distrik tersebut.

Serangan terjadi setelah sekelompok orang menentang demonstrasi kulit putih yang memprotes rencana pemindahan patung Robert E Lee dari Charlottesville dan mengganti nama taman tempat ia berdiri dari Lee Park menjadi Emancipation Park.

Presiden AS Donald Trump telah mengutuk kekerasan tersebut. "Kami mengutuk dengan sangat kuat kemungkinan bentuk mengerikan dari kebencian, kefanatikan dan kekerasan di banyak sisi," kata Trump. Ia menambahkan bahwa "ini telah  berlangsung lama di negara kita. Bukan Donald Trump, bukan Barack Obama. Sudah lama sekali."

Pemerintah Virginia telah mengumumkan keadaan darurat.