13 August 2017 09:57 WITA

1 Tewas Dalam Kekerasan Anti Demonstrasi Supremasi Kulit Putih AS

Editor: Suriawati
1 Tewas Dalam Kekerasan Anti Demonstrasi Supremasi Kulit Putih AS
Foto: Reuters

RAKYATKU.COM - Satu orang tewas dan 19 lainnya terluka saat sebuah mobil menabrak sekelompok orang yang melakukan aksi damai memprotes demonstrasi supremasi kulit putih di Charlottesville, Virginia, pada hari Sabtu (12/08).

Pihak berwenang mengatakan, korban adalah seorang wanita berusia 32 tahun. Pengemudi kendaraan telah ditangkap, karena dicurigai melakukan pembunuhan kriminal.

BACA JUGA: Trump: Kim Jong-un Akan Menyesali Ancaman Terhadap AS

Walikota Charlottesville, Mike Signer mengatakan bahwa dia "patah hati" atas kematian tersebut.

"Saya patah hati karena hidup telah hilang di sini. Saya mendesak semua orang dengan niat baik untuk pulang ke rumah," tulis Signer di Twitter.

Presiden Donald Trump telah mengutuk kekerasan tersebut, dan pejabat setempat telah mengumumkan keadaan darurat.

"Kami mengutuk dengan sangat kuat kemungkinan bentuk mengerikan dari kebencian, kefanatikan dan kekerasan di banyak sisi," kata Trump. Ia menambahkan bahwa "ini telah  berlangsung lama di negara kita. Bukan Donald Trump, bukan Barack Obama. Sudah lama sekali."

Insiden ini terjadi setelah para demonstran kulit putih memprotes rencana pemindahan patung Robert E Lee dari Charlottesville dan mengganti nama taman tempat ia berdiri dari Lee Park menjadi Emancipation Park. Gen Lee memerintah pasukan Konfederasi perbudakan pro-perbudakan dalam Perang Sipil AS tahun 1861-65.