13 August 2017 08:32 WITA

DKP Sulsel Dorong UKM Kembangkan Produksi Olahan Rumput Laut

Editor: Fathul Khair Akmal
DKP Sulsel Dorong UKM Kembangkan Produksi Olahan Rumput Laut

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kondisi rumput laut di wilayah Sulawesi Selatan terbilang cukup baik. Hal itu, terbukti dengan kontribusi rumput laut Sulsel terhadap produksi nasional pada tahun 2016 berada diatas 30 persen.

Berdasarkan data yang diterima, realisasi produksi rumput laut nasional di tahun 2016 yakni 11.269.342,00 ton. Kontribusi Sulsel, sebesar 3.409.048,20 Ton. Sedangkan pada tahun 2015, realisasi nasional 10.112.107,40, dengan kontribusi Sulsel sebesar 3,289.907,60 Ton.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel, Sullaf S Latief mengatakan, potensi rumput laut di wilayah Sulsel, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jika rumput laut dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

"Dengan adanya aktifitas budidaya tentu mengurangi jumlah pengangguran, serta dapat meningkatnya pendapatan masyarakat. Selain itu, penerapan teknologi, budidaya rumput laut juga jauh lebih mudah dan ekonomis dibandingkan teknologi yang digunakan dalam budidaya produk kelautan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, salah satu anggota UKM binaan DKP Sulsel, Wakhaf mengatakan, saat ini, pihaknya memproduksi berbagai olahan dari rumput laut. Seperti sirup rumput laut, kripik cumi rumput laut yang cukup laris di pasaran.

"Selain makanan, kita ada sabun rumput laut, kami juga sedang mencoba mengembangkan produksi bahan perikanan lainnya. Jika berjalan dengan lancar, tentu ini akan memberikan kontribusi sosial ekonomi yang baik dan berkelanjutan bagi para pelaku UKM," tuturnya.

"Kita harap, program ini dapat memicu terjadinya pertumbuhan ekonomi daerah, akibat meningkatnya pendapatan masyarakat setempat," sambung Wakhaf.