Minggu, 13 Agustus 2017 07:00 WITA

Apa Saja yang Terjadi Pada Bumi Saat Gerhana Matahari?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Apa Saja yang Terjadi Pada Bumi Saat Gerhana Matahari?

RAKYATKU.COM - Apa yang terjadi dengan bumi saat gerhana matahari total bersejarah pada 21 Agustus berlangsung? Yang paling umum adalah membuat siang menjadi gelap dan menjadi terang kembali setelah beberapa saat. 

Menurut NASA, fenomena alam itu bisa menghentikan sumber radiasi berenergi tinggi di ionosfer. Ionosfer adalah lapisan atmosfer Bumi yang dialiri listrik.

Lapisan ini akan terus berubah ketika menanggapi aktivitas Matahari dan gerhana yang akan datang. 

"Gerhana Matahari yang akan datang akan mematikan sumber radiasi energi tinggi ionosfer, tanpa radiasi pengion, ionosfer akan rileks," kata seorang ilmuwan antariksa di University of Colorado Boulder dan peneliti utama, Bob Marshall, dikutip dari Dailymai, Minggu (13/8/2017).

Para peneliti yang didanai oleh NASA akan dapat menentukan seberapa banyak radiasi yang telah diblokir dan seberapa lama pemblokiran tersebut akan terjadi. Tim peneliti akan menggunakan komunikasi otomatis atau sinyal navigasi untuk melacak perilaku ionosfer. 

"Output ultraviolet ekstrem Matahari sangat bervariasi, hal tersebut menciptakan variabilitas dalam cuaca ionosfer. Karena planet kita memiliki medan magnet yang kuat, partikel bermuatan juga terpengaruh sepanjang medan magnet di seluruh Bumi," jelas seorang peneliti utama dan ilmuwan di Observatorium Haystack Massachusetts Institute of Technology, Phil Erickson.

Selama gerhana terjadi, para ahli mengharapkan sinyal akan menjadi lebih kuat. Karena atmosfer dan ionosfer akan menyerap lebih sedikit energi yang ditransmisikan. 

Para peneliti akan mengirimkan sinyal elektromagnetik bolak-balik sepanjang jalan totalitas gerhana yang membentang dari pantai Oregon ke pantai South Carolina.