13 August 2017 05:00 WITA

Tertua di Dunia, Pria Usia 113 Tahun Meninggal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Tertua di Dunia, Pria Usia 113 Tahun Meninggal
sumber: AFP

RAKYATKU.COM - Yisrael Kristal yang dinobatkan sebagai pria tertua di dunia dengan usia 113 tahun telah mengembuskan napas terakhirnya. Korban selamat dari tragedi Holocaust itu meninggal pada Jumat lalu, dikutip dari BBC, Minggu (13/8/2017). 

Putrinya, Shula Koperstoch mengatakan, pria yang sebulan lagi berusia 114 itu meninggal akibat sakit yang dideritanya.

"Terlepas dari semua yang dia alami, kehilangan seluruh keluarga dalam Holocaust, dia memiliki banyak optimisme hidup. Dan hanya melihat hal-hal baik dalam hidupnya," kata Shula.

Warga Haifa, Israel itu menjadi berita utama tahun 2016 lalu setelah memutuskan untuk merayakan bar mitzvah, sebuah ritual Yahudi yang ditujukan kepada orang yang menginjak usia remaja.

Alasannya, saat usianya 13 tahun dia tak sempat melakukannya lantaran Perang Dunia I sedang berlangsung.

Kristal lahir di Desa Zarnow, sekitar 90 mil atau 146 km arah barat daya Warsawa, pada tahun 1903. 

Menurut laporan tersebut, Kristal kehilangan ibu dan ayahnya selama Perang Dunia I. Dia kemudian pindah ke Lodz untuk bekerja di bisnis kembang gula keluarga.

Setelah invasi Polandia oleh Nazi Jerman pada tahun 1939, Kristal dan keluarganya pindah ke Lodz Ghetto. Dua anaknya meninggal di sana dan ia bersama sang istri, Chaja Feige Frucht, dikirim ke Auschwitz pada tahun 1944 setelah ghetto tersebut ditutup.

Sang istri terbunuh di Auschwitz, tapi Kristal selamat. Ia menjalani kerja paksa di sejumlah kamp.

Tags