13 August 2017 04:30 WITA

7 Relawan White Helmet Suriah Tertembak di Kepala

Editor: Andi Chaerul Fadli
7 Relawan White Helmet Suriah Tertembak di Kepala

RAKYATKU.COM - Tujuh relawan White Helmet Suriah ditembak mati di basis mereka oleh penyerang tak dikenal. Pembunuhan tersebut terjadi di Kota Sarmin, enam mil (9km) di timur Kota Idlib.

White Helmet atau Syria Civil Defence (SCD) dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu karena aksinya menyelamatkan korban sipil pemboman di Suriah.

"Pusat pertahanan sipil di Sarmin adalah sasaran serangan bersenjata oleh penyerang yang tidak dikenal di mana tujuh relawan terbunuh. Dua minibus, beberapa helm putih dan walkie-talkie dicuri," tulis White Helmet dalam keterangan resminya, dikutip dari Sky News.

Belum jelas apakah operasi pembunuhan itu dilakukan untuk motif politik atau kriminal.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia mengatakan tujuh relawan yang tewas semuanya telah ditembak di kepala.

"Rekan kerja datang pada pagi hari untuk perubahan shift dan menemukan mereka tewas," ujar Direktur observatorium tersebut, Rami Abdel Rahman.

Helm Putih muncul pada tahun 2013, bekerja untuk menyelamatkan warga sipil di banyak daerah yang dikuasai pemberontak.

Sejak saat itu mereka mendapatkan popularitas internasional yang meluas karena penyelamatan berani mereka, dengan rekaman yang sering diambil dan diedarkan di media sosial.

Tags
suriah