Minggu, 13 Agustus 2017 02:00 WITA

Atasi Kasus Korupsi, Bupati Bantaeng: Kuncinya Transparansi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Atasi Kasus Korupsi, Bupati Bantaeng: Kuncinya Transparansi

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah memaparkan bagaimana suatu daerah bisa maju dan bersih dari korupsi. Di antaranya dengan menggalang kerja sama dan menjaga sinergitas yang baik. 

"Kuncinya adalah transparansi. Kita harus senantiasa membangun komunikasi dengan seluruh stakeholder dan melayani masyarakat dengan tulus," jelas bupati 2 periode ini pada Diskusi Publik di Anjungan Pantai Seruni, Sabtu (12/8/2017) malam.

Kegiatan yang digelar Indonesia Corruption Watch (ICW) mengusung topik  "Membangun Demokrasi Lokal Dan Pemerintah Daerah Bersih Dari Korupsi". 
Wakil Koordinator ICW, Ade Irawan mengatakan, kasus korupsi banyak terjadi di pemerintahan daera. Maka dari itu munculnya orang-orang baik, pemimpin dengan niat tulus, menjadi harapan bagi suatu daerah. 

"Kabupaten Bantaeng menjadi salah satu contoh yang baik dalam hal ini," kata dia.

Di sisi lain, Koordinator Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Endi Jaweng mengungkapkan rasa kagumnya tentang tata keloka pemerintahan Bantaeng. Di mana aparat mampu memaksimalkan anggaran minim untuk mengolah suatu daerah menjadi luar biasa. 

"Tidak banyak daerah yang bisa dibanggakan seperti Kabupaten Bantaeng ini. Ini adalah suatu daerah yang bupatinya berhasil meletakkan fondasi nilai, yang bukan semata digerakkan oleh kekuatan pemda, namun juga oleh publik," jelas dia.